Penjaga gawang atau yang disebut juga dengan kiper, terkadang perannya di dalam tim dipandang sebelah mata. Pasalnya, peran kiper di atas lapangan dapat dikatakan hampir setiap saat tidak terlibat secara aktif. Baik dalam keadaan menyerang untuk menciptakan gol, maupun dalam keadaan penguasaan bola.

Latihan Penjaga Gawang
Menjadi seorang penjaga gawang yang hebat dibutuhkan latihan yang baik

Akan tetapi, untuk menjadi seorang penjaga gawang sesungguhnya sama sulitnya seperti menjadi seorang pemain di posisi lainnya, seperti penyerang, bek, gelandang, hingga winger dan lainnya. Seorang kiper harus dapat bermain dengan baik dan juga wajib memiliki komunikasi yang baik dengan para pemain belakang. Hal itu tentu saja untuk membangun lini pertahanan yang kokoh dan tidak mudah ditembus lawan.

Tidak hanya itu, seorang kiper juga merupakan pemain yang paling berpotensi untuk dengan cukup mudah mengalami cedera. Apabila tidak melakukan sesi latihan secara baik dan benar. Terkait bagaimana cara menjatuhkan diri demi menghalau bola.

Oleh karena itu, penting untuk menguasai teknik menjatuhkan diri yang baik dan benar. Supaya memperkecil risiko cedera yang dapat akan merugikan. Lantas, seperti apa seorang kiper dalam melakukan latihan dasarnya dalam menghalau bola dengan cara menjatuhkan diri?

5 Latihan Dasar Penjaga Gawang

Penjaga Gawang
Menangkap bola dengan membentuk tangan menyerupai huruf W
  • Latihan Yang Dapat Dilakukan Seorang Diri

Salah satu teknik paling mendasar yang sangat penting untuk dikuasai oleh seorang penjaga gawang adalah cara menjatuhkan diri yang benar. Dengan menguasai teknik ini, akan memperkecil risiko cedera yang dapat menghampiri sewaktu-waktu.

Demi mengasah kemampuan dalam teknik menjatuhkan diri dapat dilakukan dengan cara meletakkan bola tepat di depan kotak enam yard. Posisinya tepat berada di area kotak penalti.

Kemudian, letakkan tangan Anda di tiang jauh. Setelah itu, melangkah sebanyak dua langkah ke arah samping dan jatuhkan diri Anda ke arah bola. Cara ini akan membuat Anda berada dalam posisi menyerang ke arah bola dan mempelajari cara yang benar dalam menjatuhkan diri.

Pada saat Anda merasa nyaman dengan cara tersebut. Tambahkan satu bola lagi untuk cara melompati dan lain sebagainya. Setelah berada di satu sisi nyaman, segera beralih ke sisi lainnya.

  • Latihan Dengan Orang Lain

Latihan menjadi seorang kiper akan selalu lebih mudah apabila ada seseorang yang juga terlibat. Pada latihan kedua ini, Anda dapat menggabungkan cara latihan sebelumnya. Namun tetapi, latihan tersebut tentu saja akan jauh lebih efektif apabila terdapat seseorang yang menendang bola.

Selain itu, berbagai variasi tendangan dapat dilakukan oleh orang lain tersebut untuk menguasai teknik menjatuhkan diri dengan baik. Seperti tendangan yang setinggi dengkul atau tendangan yang lebih tinggi.

  • Menangkap Bola

Untuk menghindari terjadinya rebound atau bola pantulan yang dapat dimanfaatkan untuk pemain lawan mencetak gol, maka Anda harus menguasai teknik menangkap bola dengan aman dan tepat. Latihan seperti ini hanya dapat dilakukan apabila Anda meminta bantuan seseorang untuk menendang bola.

Setelah itu, pastikan tangan Anda membentuk huruf “W”. Dengan tangan seperti itu akan selalu siap untuk menangkap bola dengan baik. Apabila sudah tertangkap, maka letakkan bola ke arah dada, layaknya memeluk.

Sudut Pandang Penjaga Gawang

Keberhasilan seorang penjaga gawang adalah dengan berkonsentrasi dan fokus dalam membaca arah bola. Entah itu dari tendangan pojok, tendangan bebas atapun ketika pada saat berhadapan langsung dengan pemain lawan. Tentu, Anda dituntut harus mengetahui arah bola.

Penjaga Gawang
Berlatih fokus dengan menembak arah bola

Latihan ini dapat dilakukan dengan dua orang maupun lebih. Nantinya, para penendang secara bergantian menendang bola ke arah acak. Sehingga, Anda akan mencoba untuk membaca arah bola.

Latihan Dasar Untuk Penjaga Gawang