Selain memiliki keterampilan dalam berbagai hal dalam bermain sepakbola. Seperti diantaranya, dalam hal kontrol pertahanan, mengelabuhi lawan, kecepatan menggiring bola. Seorang sepakbola juga harus memiliki stamina yang cukup, agar dapat tetap bermain selama 90 menit dalam setiap laganya.

Sepakbola
Cepat merasa lelah ketika bermain sepakbola?

Bahkan, stamina dapat dikatakan merupakan modal utama dalam memainkan permainan paling populer di dunia. Mengapa bisagitu? Hal ini lantaran seorang pesepakbola dengan skill dan kemampuan sehebat apapun terkadang dapat menghilang begitu saja akibat stamina yang perlahan menurun. Hal itu berimbas pada tingkat konsentrasi dan kekuatan ketika bermain.

Apabila kalian merupakan seorang pemain sepakbola atau sekedar menggemari jenis permainan tersebut. Tentu kalian pernah mengalami keadaan dimana baru beberapa menit bermain, kalian sudah merasa lelah. Sehingga terpaksa kalian harus terlebih dahulu beristirahat dan perannya digantikan oleh rekan setim kalian.

Nah, bagi kalian yang merasa cepat lelah ketika bermain sepakbola. Sebaiknya kalian menyimak beberapa tips berikut ini, yang tentu berguna untuk meningkatkan daya tahan kalian di atas lapangan. Berikut penjelasan selengkapnya.

Tips Meningkatkan Stamina Dalam Bermain Sepakbola

  • Berenang Atau Berlari Di Dalam Air

Tips pertama dalam meningkatkan daya tahan tubuh supaya tidak cepat merasa lelah ketika bermain bola adalah berenang. Atau kalian juga dapat melakukannya dengan berlari di dalam air. Adapun tujuan dari tips yang pertama ini yakni meningkatkan kapasitas paru-paru.

Meningkatkan Stamina
Tingkatkan stamina dengan beberapa latihan

Tidak hanya itu, berenang juga dapat meningkatkan kekuatan otot. Dan melatih tubuh kalian dalam urusan menahan serta mengatur pernapasan yang dapat membantu kalian dalam pemulihan stamina dengan cepat ketika kalian melakukan suatu gerakan eksplotif.

Kalian dapat melakukan berenang ataupun berlari di dalam air dengan beberapa putaran. Untuk memaksimalkan kekuatan stamina, kalian bisa meningkatkan intensitas jumlah putaran di setiap tahapnya.

  • Lari Progresif

Tips kedua adalah dengan meningkatkan jarak tempuh berlari kalian. Sebagai contoh, apabila kalian di pekan pertama hanya berlari dengan jarak tempuh sebanyak empat mil. Maka pada pekan selanjutnya, kalian dapat meningkatkannya hingga lima ataupun mil.

Mulailah langkah ini dengan berlari pada jarak yang dimana kalian merasa nyaman ketika melakukannya. Atau sesuai dengan instruksi dari pelatih kalian. Selain dapat meningkatkan daya tahan tubuh, kegiatan lari progresif juga dapat memperkuat otot kaki maupun pada bagian paha.

  • Istirahat Cukup

Dua latihan di atas memang dapat meningkatkan kekuatan maupun stamina kalian ketika bermain sepakbola. Namun, perlu kalian ingat bahwa di tubuh kalian juga membutuhkan waktu istirahat yang berguna untuk memulihkan tenaga kalian.

Apabila kalian terlalu banyak dalam melakukan latihan atau disebut juga dengan overtraining. Maka dapat mengakibatkan kelelahan pada otot. Dan hal itu tentu saja dapat mengganggu jadwal kalian berlatih. Sehingga, begitu penting untuk mengatur waktu istirahat, supaya pemulihan tubuh berjalan secara optimal.

Menjaga Nutrisi Makanan

Satu hal yang tentu tidak kalah penting dari melakukan beberapa latihan dan waktu istirahat yang cukup, yakni mencukupi nutrisi bagi tubuh kalian. Caranya adalah dengan menjaga pola makan yang seimbang. Diantaranya yakni buah-buahan, sayuran dan asupan daging. Dengan memenuhi nilai nutrisi untuk tubuh, maka dapat membantu kalian dalam berkinerja selama melakukan pelatihan.

Nilai Nutrisi
Nilai nutrisi sangat penting dalam menjaga daya tahan tubuh

Kalian jangan lupa juga untuk selalu memperhatikan makanan apa yang kalian santap. Dan kalian juga tidak diperbolehkan untuk melewatkan jadwal makan. Alangkah baiknya, kalian membuat grafik makan demi memantau asupan harian kalian.

Cepat Lelah Ketika Bermain Sepakbola? Simak Tips Berikut Ini!